INFO DAN PEMESANAN RESMI CHEVROLET BANDUNG

Selasa, 15 Oktober 2013

Tips Menangani Mobil Mesin Bensin Macet Mendadak


Chevrolet Bandung - Ketika sedang dalam perjalanan, bisa saja Anda menemui masalah dengan tiba-tiba mobil mogok. Apalagi jika memang sedikit jauh dari bengkel, Anda harus mengerti juga pengamanan pertamanya. Kalau bisa dibenarkan secara langsung, tentu Anda tidak harus sampai menunggu montir panggilan mendatangi Anda.
Pada mobil bermesin bensin, seperti Zebra, Carry atau Futura, kerap mengalami kerusakan terutama pada pengapian. Masalah pengapian ini memang banyak ditimbulkan karena platina atau CDI yang rusak. Cara menanganinya, lepaskan kabel koil pada distributor (tempat platina/CDI). Pilih kabel tengah dari 5 kabel busi.

Pengecekan coil
Lalu, coba dekatkan busi dengan bodi mesin. Sambil distarter, perhatikan percikan api yang muncul. Kalau api yang terpercik berwarna kebiruan, maka pengapiannya berjalan dengan normal. Tapi, jika sama sekali tidak muncul percikan, berarti ada yang salah dengan sisi setrum-nya.

Sistem pengapian
Jika terjadi demikian, cek platina dan perhatikan apakah platina putus atau masih utuh. Selain itu, cek juga keausan coil dan kondensor. Lalu jangan lupa juga mengecek kabel penghubung antara coil dan platina. Untuk yang terakhir, pastikan juga lihatlah adakah setrum yang masuk ke koil.

Fuel Pump
Kemungkinan selanjutnya, masalah bisa datang dari komponen penyalur bahan bakar. Anda bisa langsung bisa mengetahuinya lewat suara pompa bensin yang bersuara. Kalau pompa bensin normal, biasanya akan bersuara 'tek-tek' secara lambat dan perlahan.
Atau untuk mobil-mobil seperti Espass, akan muncul getaran dan setelah bensin memenuhi tabung filter, pompa akan berbunyi pelan. Jika tidak muncul tanda-tanda tersebut, kemungkinan bensin memang tidak bisa naik.

Tidak ada komentar: