INFO DAN PEMESANAN RESMI CHEVROLET BANDUNG

Rabu, 29 Mei 2013

Tips Tips

Jangan Sepelekan “Si Kecil” Busi

Proses sistem kerja pengapian akan berjalan optimal jika busi mobil terawat dengan baik, meskipun busi merupakan bagian mesin mobil yang ukurannya kecil, akan tetapi efeknya sangat besar. Busi bisa diibaratkan sebagai jantungnya mobil,  jika terjadi kerusakan akan menyebabkan mesin mobil tidak akan bisa menyala.  Oleh karena itu perawatan terhadap busi tidak bisa disepelekan begitu saja, perawatan rutin ke bengkel mobil mutlak dilakukan agar mobil tetap berada dalam kondisi prima.
Busi Mobil
Busi Mobil
Normal dan primanya keadaan  mesin mobil bisa dilihat dari ujung insulator dan elektrode busi,  jika ujung insulator dan elektrode busi mobil masih berwarna abu-abu atau coklat, ini menandakan bahwa busi masih masih berfungsi dengan baik. Jika warna ujung insulator dan elektrode busi berubah warna menjadi hitam ini sebagai indikator busi harus segera diganti sebab bila dibiarkan bisa mengakibatkan pemakaian BBM menjadi lebih boros, asap knalpot menjadi hitam, dan sulitnya menyalakan mobil pada saat kondisi mesin mobil dingin.
Merawat mobil dengan membawa mobil ke bengkel mobil secara rutin sangat penting, ikuti informasi otomotif mengenai kapan saat yang paling tepat untuk servis seperti tertera di buku petunjuk pabrikan mobil yang bersangkutan. dengan perawatan yang rutin biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat jika dibandingkan  harus menunggu mobil sampai rusak.

Tips Mobil Saat Banjir

Tips Mobil Saat Banjir –  Banjir menjadi momok yang sangat mengerikan bagi setiap pengendara mobil, terutama bagi pemilik mobil berjenis citycar dengan transmisi otomatis. Pasalnya mesin mobil jenis ini rawan terendam saat banjir datang, yang pada akhirnya mengakibatkan mobil menjadi mogok.
Tips Mobil Saat Banjir
Tentu hal ini sangat merepotkan terutama bila tidak ada bengkel mobil terdekat, berikut ini adalah beberapa tips agar mobil matic yang anda kendarai tidak mogok saat melintasi daerah yang rawan banjir.
  1. Jika anda akan melewati area yang rawan banjir sebaiknya cari informasi alternative jalan lain.
  2. Jika anda terlanjur terjebak di area banjir, Check ketinggian air banjir yang akan dilintasi apakah memungkinkan untuk dilintasi.
  3. Apabila terpaksa harus melintasi area banjir tersebut, maka posisikan tuas transmisi pada posisi “L”.
  4. Apabila mesin mobil tiba – tiba mati, jangan sekali –kali anda coba untuk menghidupkan mesin.
  5. Setelah mobil anda berada ditempat yang aman dari genangan air banjir, buka kap mesin mobil dan keringkan bagian – bagian mesin serta sistem kelistrikannya.
  6. starter mobil anda dua sampai tigak kali, apabila mesin mobil tetap tidak mau menyala, cabutlah kabel busi dan periksa apakah businya terkena air, jika memang ada air disitu maka buka tutup karburator dan keringkan, kemudian pasang kembali seperti semula.
  7. Cobalah untuk menghidupkan kembali mesin mobil, jika mobil sudah bisa berjalan kembali, maka keringkan rem mobil dengan cara lakukan pengereman beberapa kali.
Informasi Otomotif tentang tips Penanganan Mobil menghadapi banjir diatas  hanya bersifat sementara, sebaiknya anda segera membawa mobil anda ke bengkel mobil resmi atau bengkel mobil terpercaya pilihan anda untuk diperiksa seluruh bagian yang terkena banjir, termasuk untuk memperoleh penggantian oli transmisi matik.

Merawat Cat Mobil Agar Harga Jual Tetap Tinggi

Merawat Cat Mobil Agar Harga Jual Tetap Tinggi – Merawat setiap hal yang kita miliki adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan, baik itu benda mati atau pun benda hidup, dan tak terkecuali dengan kendaraan, apalagi mobil. Seperti kita ketahui bahwa mobil adalah salah satu benda yang hingga saat ini masih dikelompokkan kedalam barang mewah, terlebih jika mengingat harganya yang boleh terbilang mahal. Menyadari hal itu, /maka sudah seharusnya anda yang memiliki mobil, harus dapat menjaga dan merawatnya dengan baik.
Nah, banyak hal harus kita lakukan untuk menjaga keadaan mobil agar selalu berada dalam kondisi prima, entah dirawat sendiri atau dibawa ke bengkel mobil. Misalnya saja dari segi penampilan luarnya yang langsung bisa kita lihat. Menjaga warna cat mobil adalah salah satu hal yang cukup penting, mengingat cat mobil menjadi salah satu hal yang mampu menentukan nilai jual sebuah mobil, jika ingin dijual. Namun jikalau pun tak ingin dijual, menjaga kebersihan dan mengkilapnya cat mobil juga harus dilakukan agar mobil tetap sedap dipandang mata.
Kebiasaan kebanyakan orang adalah kerajinan merawat mobil yang biasanya hanya muncul diwaktu-waktu tertentu dan tak rutin, terlebih jika usia kepemilikan mobil sudah lebih dari 2 atau 3 tahun, perlahan kebanyakan orang mulai tidak rajin merawat mobilnya. Cobalah untuk memikirkan kembali bagaimana keadaan mobil anda dan mencari informasi otomotif agar nilai jual mobil tidak terlalu turun, maka disarankan untuk menjaga cat mobil tetap bagus.
Berikut ini adalah beberapa Tips Merawat Cat Mobildan cara-caranya:
-   Rajin-rajinlah mencuci mobil agar kotoran yang ada tidak menumpuk di badan mobil dan menutupi kejernihan cat mobil.
-   Walaupun rajin mencuci mobil, cobalah untuk selalu menggunakan pembersih yang bermutu baik agar tidak justru merusak cat mobil.
-   Menghadapi musim hujan, maka kita harus lebih giat membersihkan mobil jika sehabis digunakan luntuk bepergian dan terkena air hujan, karena air hujan cukup ampuh merusak dan mengikis keawetan cat mobil.
Selalu cobalah untuk konsisten merawat mobil Anda agar mobil selalu nyaman digunakan dan juga sedap dipandang mata.

Mobil Sulit Distarter

Mobil Sulit Distarter – Apa yang anda lakukan jika kendaraan anda sulit distarter? Mungkin menjadi hal yang mengesalkan jika anda sedang diburu waktu atau berada di tengah kemacetan yang membuat mobil dan berbagai kendaraan di belakang anda berlomba-lomba membunyikan klaksonnya.
starter-mobilDari beberapa artikel otomotif yang saya baca dan informasi yang saya dapat dari seorang teman di bengkel mobil, ditambah pengalaman yang saya alami selama ini, pekerjaan system starter adalah melakukan pemutaran mesin dengan cepat dan menghidupkannya. Komponen dalam system penstarteran ini meliputi baterai, dynamo starter, solenoid starter, dan seluruh kabel yang menghubungkan onderdil-onderdil ini.
Tak hanya itu saja, konsultasi ke bengkel mobil untuk menangani kendaraan anda yang sulit distarter juga bisa membantu anda mengetahui bagaimana sih kerja system starter dan bagaimana mengatasinya. Pada dasarnya system starter mulai bekerja saat anda mulai memutar tombol kunci ke posisi start. Nah disaat itulah tenaga listrik berjalan di sepanjang kabel ke solenoid starter. Solenoid disuruh mengirimkan listrik dari baterai ke dynamo starter.
Hal itu terus berlangsung hingga kunci kontak dibebaskan dari posisi start. Secara teknisnya ujung dynamo yang memiliki roda gigi kecil bertautan dengan gigi di pinggir roda gaya mesin dan kemudian berputar. Pada saat itulah system penyalaan mengirimkan bunga api dan system bahan bakar memasok bahan bakar ke mesin sehingga mesin pun hidup.
Begitulah komponen dan proses singkat bagaimana sebuah mesin mobil dapat menyala, dan bagaimanakah kendaraan anda sulit distarter. Jadi, untuk mengatasi emosi anda yang seringkali muncul saat kendaraan anda sulit distarter, lebih baik anda tahu lebih jauh mengenai komponen starter nya.

Hindarkan Mobil Dari Ancaman Karat

Hindarkan Mobil Dari Ancaman Karat – Karat pada mobil, layaknya panu pada kulit, terkesan ringan, namun jika dibiarkan berlarut-larut akan terus menjalar, bahkan tak menutup kemungkinan jika berada dalam kondisi kritis badan anda akan hancur sepertihalnya lepra. Begitu juga yang terjadi pada mobil anda, jika karat yang semula sedikit itu diabaikan, maka tak menutup kemungkinan mobil anda akan terpenuhi karat, rapuh dan akhirnya hancur.
Mobil KaratMaka dari itu, cobalah untuk rajin membawa mobil anda ke Bengkel Mobil, rawatlah mobil anda dengan baik sepertihalnya anda merawat kulit tubuh anda. Jika setiap hari anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk lulur, atau mandi susu, maka tak mustahil anda juga bisa melakukan hal yang lebih untuk mobil anda.
Tapi, selain anda membawa mobil ke bengkel mobil, anda juga bisa merawatnya secara sederhana sendiri dan terus membekali diri dengan berita – berita otomotif. Misalnya saja dengan memastikan kebersihan mobil anda setelah dan sebelum digunakan, jangan biarkan mobil anda berada dalam keadaan yang kotor dan dibiarkan, karena ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran yang menyebabkan karat.
Terlebih untuk bagian-bagian bawah mobil yang cukup sering berinteraksi langsung dengan debu dan kotoran di jalanan. Selain itu, jangan biarkan bagian dalam mobil anda dalam keadaan basah, misalnya saja karpetnya, karena karpet yang basah dan menempel pada mobil akan menyebabkan karat.
Jadi bagaimana? Apakah anda sudah siap untuk mulai memberikan perawatan lebih pada mobil anda agar terhindar dari karat yang mampu menjalar cepat dan menghancurkan mobil anda?

Carbon Clean Sebagai Ganti Turun Mesin

Carbon Clean Sebagai Ganti Turun Mesin – Saat mobil anda berada dalam keadaan yang tidak prima, perasaan tak nyaman pasti menyergap. Mulai memikirkan mengenai berbagai kemungkinan buruk yang terjadi pada mobil anda serta mencari informasi otomotif untuk mencari solusi aman terhadap masalah yang sedang dihadapi.
Misalnya jika mobil anda mengalami gelala-gejala, seperti mudahnya berkurang bahan bakar setelah melakukan perjalanan. Maka mobil anda disinyalir harus melakukan turun mesin atau overhaul. Terlebih jika dibarengi dengan Air Tabung cadangan Radiator Selalu berkurang, Air radiator Menyembur Ke atas waktu di starter, Asap Knalpot berwarna Putih, Kepala Busi Basah dengan Oli, Tabung Filter Udara Penuh dengan oli Mesin, Suhu Temperatur mesin mobil Selalu di atas Normal, Air Radiator berwarna Coklat Susu karena air dan oli mesin Bercampur.
Melakukan top overhaul atau turun setengah mesin jelas memerlukan biaya yang tidak sedikit, kalau pada saat tersebut anda memiliki tabungan yang cukup untuk membawanya ke bengkel mobilmungkin anda tidak akan terlalu merasa khawatir, lalu bagaimana bila uang yang anda miliki kurang mencukupi?
tetapi sekarang ini ada cara lain untuk membersihkan karbon deposit di ruang bakar, yaitu dengan caracarbon clean dengan biaya yang jauh lebih murah dan lebih praktis karena dilakukan dengan ‘membongkar’ mesin. Cukup membuka busi saja, proses dari carbon clean itu sendiri dilakukan dengan cara memasukkan cairan atau obat carbon clean khusus ke dalam ruang bakar permukaan piston lewat lubang busi menggunakan suatu alat khusus. Dan proses carbon clean ini bisa anda lakukan di bengkel mobil Nawilis.


Awal Mula Kemunculan Spooring and Balancing

Awal Mula kemunculan Spooring and Balancing – Di Indonesia, jika membicarakan spooring and balancing, pasti tak akan melewatkan Nawilis. Satu bengkel mobil yang spesialisasi perawatan spooring and balancing. Berdiri sejak 1963, awalnya Nawilis hanyalah toko ban mobil biasa, mengingat pada saat itu jumlah kepemilikan kendaraan yang masih tergolong barang mewah ini sangatlah lebih sedikit dibandingkan sekarang. Maka rasa pesimis pun dialami oleh pendiri nawilis, yang tak lain adalah Yusuf Nawilis.
Namun seiring berjalannya waktu, bengkel mobil ini lebih mengkhususkan diri pada spooring and balancing, yang bahkan pada saat itu masyarakat belum begitu familiar dengan istilah spooring. Sebelum muncul istilah spooring dari Yusuf Nawilis dan rekannya Ko Tiam Eng. Bukan tanpa alasan, karena istilah sebelumnya yang disebut wheel alignment terasa terlalu panjang, sedangkan spooring lebih ringkas dan mudah dikenal orang, namun keduanya adalah sama tujuannya, yaitu penyelarasan roda mobil.
Pada dasarnya spooring juga sedikit tidak menyambung dengan maknanya, karena jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris, spoor tak lain memiliki arti bekas. Namun mengingat Ko Tiam Eng cukup fasih berbahasa Belanda, sehingga penggunaan spooring cukup beralasan, karena dalam bahasa Belanda spoor memiliki arti jalan kereta. Dengan filosofi jalan kereta yang lurus dan selalu sejajar itulah maka akan sesuai jika spooring memiliki makna untuk menyelaraskan ban mobil.
Artikel otomotif terkait lainnya  Sejarah Singkat Bengkel Mobil Nawilis
By bengkelnawilis

Masalah Pada Bahan Bakar Mobil

Masalah Pada Bahan Bakar Mobil – Apabila mobil anda mengalami permasalahan pada sistem bahan bakarnya, apakah ini hanya semata dipengaruhi oleh habisnya bahan bakar? Tentu tidak karena bisa saja mobil anda sedang mengalami permasalahan yang lebih kompleks karena mobil terdiri atas berbagai macam komponen dengan fungsi yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya,
Untuk mengatasinya sebagai langkah awal sebelum anda membawanya ke bengkel mobil. Cobalah lakukan beberapa hal ini:
- Periksalah tangki bahan bakar, karena tangki bahan bakar dapat terkontaminasi dengan barang rongsokan yang menghalangi saluran bahan bakar, karburator, atau injector bahan bakar, atau mesin itu sendiri.
- Cobalah cek saluran bahan bakar, karena saluran bahan bakar dapat berlubang dan bocor.
- Bersihkan pompa bahan bakar, karena pompa bahan bakar dapat tersumbat oleh kotoran atau dapat aus dan tidak mengirimkan bahan bakar yang cukup ke saluran mesin.
- Cek sambungan karburatornya, karena sambungan karburator dapat menjadi bengkok atau macet, dan hal ini membuatnya sulit untuk mengendalikan bahan bakar yang berjalan ke mesin.
- Karburator dapat memperoleh terlalu banyak (berlimpah) atau terlampau sedikit (kurang) bahan bakar untuk kebutuhan mesin.
- Injektor bahan bakar dapat menjadi terhalang kotoran, dan ini yang menghalangi aliran bahan bakar ke mesin.
- Alat pengontrol system injeksi bahan bakar dapat menjadi rusak atau aus dan tidak dapat bekerja secara efisien.

Baca juga informasi otomotif lainnya tentang Kelistrikan Pada Mobil
By bengkelnawilis

Apa itu Pelumasan Mesin Mobil? Pelumasan mesin tak lain merupakan bagian dari perawatan mobil yang bisa dilakukan di bengkel mobil.  Pelumasan pada mesin bertujuan untuk mengurangi seminimal mungkin terjadinya pergeseran dan penyerapan panas yang ditimbulkan oleh pergeseran antara bagian-bagian mesin yang saling bergerak.
Selain itu, pelumasan mesin juga dapat menghilangkan panas yang ditimbulkan oleh hasil pembakaran minyak bahan bakar. Agar mesin mobil kita awet, kita harus tahu cara mereparasi sistem pelumasan mesin mobil secara tepat. Petunjuk-petunjuk yang disajikan meliputi pengetahuan umum tentang sistem pelumasan mesin, servis di bengkel mobil dan pemeriksaan kerusakan, cara melepas dan mengganti komponen, cara kerja sistem pelumasan, dan pengetasan komponen.
Dengan mempelajari petunjuk-petunjuk tentang reparasi sistem pelumasan mesin yang disajikan dalam buku ini, kegagalan dalam sistem pelumasan dapat kita hindari. Kita tahu, kegagalan sistem pelumasan karena kurang efisiennya pelumasan akan menyebabkan kerusakan berat pada torak, cincin torak, silinder, pengungkit, lengan pengungkit, peti engkol, batang pengungkit kam, lengan ungkit, dan katup-katup mesin.
Ada beberapa tipe sistem pelumasan diantaranya, sitem tekanan penuh, sistem percikan dan sistem kombinasi yaitu perpaduan sistem tekanan dan percikan. Dalam sistem tekanan, oli ditekan oleh gerakan mekanik dari pompa oli dan disalurkan ke bagian-bagian mesin yang bergerak. Simak informasi otomotif lainnya Pentingnya Tekanan Angin Ban

Tips Mengganti Radiator Coolant

Tips Mengganti Radiator Coolant – Pada cara kerjanya, radiator mobil menggunakan lebih dari sekedar air saja untuk mencegah mesin kepanasan. Radiator menggunakan campuran air dan cairan anti beku, yang dikenal juga sebagai coolant atau cairan pendingin. Karena memiliki bahan anti karat yang merupakan produk sampingan dari persentuhan air dan udara.
Nah, jika anda tidak pergi ke bengkel mobil tapi ingin mengganti cairan pendingin sendiri, maka sebaiknya bahan pencegah karat ini jangan dicampur atau ditambahkan dengan bahan anti beku yang ada dalam mesin alumunium. Lihatlah petunjuk pada buku petunjuk agar anda mendapatkan rekomendasi bahan anti beku seperti apa yang layak untuk mesin anda.
Dan yang terpenting adalah anda harus mengingat kalau bahan anti karat ini sebaiknya diganti dan dibuang setiap dua tahun. Biasanya bengkel mobil juga menyarankan untuk mengganti selang radiatornya sekalian. Karena komponen-komponen ini juga akan rusak seiring dengan penggunaannya, dan dapat tidak berfungsi jika anda sangat membutuhkannya, jadi jangan ambil risiko lebih besar untuk keselamatan dan kelancaran perjalanan anda dengan mobil anda.
Adapun cara singkat yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengganti air pendingin di radiator adalah dengan membuka tutup radiator dan mengeringkan cairan dari system pendingin. Namun pada sebagian mobil hal ini berarti menaruh wadah terbuka yang dapat menampung dua sampai lima gallon di bawah radiator. Beberapa mesin juga mempunyai satu atau dua buah sumbat saluran cairan pendingin di blok mesin yang harus dibuka untuk mempermudah mengalirkannya dari blok. Selain itu jangan lupa mengeringkan reservoir cairan pendingin kalau memungkinkan, karena alat pemanas mobil anda mungkin memiliki sumbat saluran.

Tidak ada komentar: