Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup menjadi masalah tersendiri
bagi pemilik mobil…. Apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali
tidak mengerti bagaimana merawat mobil (buta teknologi), sebab mesin
mati sering terjadi pada saat tidak diharapkan…. Haha mana ada orang
yang mengharapkan begitu ya… Maksudnya mesin mati secara tiba” pada saat
waktu sangat perlu digunakan misalnya menjelang rapat penting….
Untuk itu, simak beberapa tips-tips berikut ini…
Hal
pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan yang ada pada
mobil kita, konvensional atau mobil modern yang sudah menggunakan CDI
(dalam arti serba elektronik).
Bila
mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha
untuk membetulkannya sendiri karena sistem ini membutuhkan tenaga ahli
(mekanik yang handal dibidangnya) serta peralatan yang hanya ada di
bengkel-bengkel mobil….
Biasanya ada
dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama
adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem
kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada
sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo
teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalu udah masalah CDI,
perluke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri.
Di
permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir
dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.
Kalo
sudah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa
jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat
yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti
tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali
berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang
menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina
yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api
sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa
dipakai dan harus diganti.
Langkah
berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah
sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat
sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk
keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk
dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan
sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa
mobil ke bengkel.
Hal terakhir yang
biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah
karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator
(dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya,
cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan
gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal
tersebut bisa merusak dinding saringan udara.
Bila
semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak,
bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan
hanya pada aki atau platina Anda.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar