INFO DAN PEMESANAN RESMI CHEVROLET BANDUNG

Selasa, 18 Juni 2013

Mengatasi mobil mogok (tidak mau di starter)

Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup menjadi masalah tersendiri bagi  pemilik mobil…. Apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil (buta teknologi), sebab mesin mati sering terjadi pada saat tidak diharapkan…. Haha mana ada orang yang mengharapkan begitu ya… Maksudnya mesin mati secara tiba” pada saat waktu sangat perlu digunakan misalnya menjelang rapat penting….

Untuk itu, simak beberapa tips-tips berikut ini…
Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan yang ada pada mobil kita, konvensional atau mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik).
Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya sendiri karena sistem ini membutuhkan tenaga ahli (mekanik yang handal dibidangnya) serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil….
Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalu udah masalah CDI, perluke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri.
Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.
Kalo sudah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.
Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.
Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.
Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda.

Tidak ada komentar: